Pengorgsnisasian
Pengorganisasian adalah
Proses penyusunan struktur Organisasi yang sesuai dengan tujan organisasi dan
sumber daya yang dimiliki .
Tujuan
pengorganisasian
- Membagi pekerjaan
- Membagi job des dan tanggung jawab yang berkaitan dengan masing masing pekerjaan
- Mengkoordinasikan tugas masing masing
- Menetapkan garis wewenang
- Membangun hubungan antara induvidu maupun kelompok
- Mengalokasikan dan mengunakan sumber daya organisasi secara efectif
Faktor
Faktor sebuah struktur organisasi
• strtegi organisasi
Strategi organisasi dibuat sebagai upaya pencapaian tujuan organisasi. Oleh karena itu, jika struktur organisasi dibentuk sebagai jalan untuk pencapaian tujuan maka struktur organisasi pun selayaknya sejalan dengan strategi organisasi. Maka, jika terjadi perubahan pada strategi organisasi akan berdampak pula pada perubahan struktur organisasi.
• Skala Organisasi
Organisasi dapat dibedakan skalanya menurut berbagai faktor diantaranya adalah dari jumlah penjualan, pangsa pasar hingga jumlah tenaga kerja. Organisasi yang berskala besar artinya organisasi tersebut barangkali memiliki berbagai cabang diberbagai daerah dikarenakan pangsa pasarnya yang luas, dengan demikian memiliki tenaga kerja yang juga tidak sedikit. Tapi walaupun tanpa cabang, organisasi dapat dikatakan berskala besar jika tenaga kerja yang ada berjumlah ribuan seperti pabrik-pabrik garmen penghasil produk-produk konveksi.
• Teknologi
Faktor teknologi yang dimaksudkan disini adalah terkait dengan cara bagaimana suatu pekerjaan dilakukan. Selain itu juga, faktor teknologi terkait dengan penggunaan alat-alat bantu dalam sebuah organisasi.
• Lingkungan
Lingkungan yang dinamis menuntut organisasi juga untuk menyesuaikan diri secara dinamis. Proses penyesuaian yang dilakukan oleh organisasi juga termasuk dalam penentuan struktur organisasinya.
Strategi organisasi dibuat sebagai upaya pencapaian tujuan organisasi. Oleh karena itu, jika struktur organisasi dibentuk sebagai jalan untuk pencapaian tujuan maka struktur organisasi pun selayaknya sejalan dengan strategi organisasi. Maka, jika terjadi perubahan pada strategi organisasi akan berdampak pula pada perubahan struktur organisasi.
• Skala Organisasi
Organisasi dapat dibedakan skalanya menurut berbagai faktor diantaranya adalah dari jumlah penjualan, pangsa pasar hingga jumlah tenaga kerja. Organisasi yang berskala besar artinya organisasi tersebut barangkali memiliki berbagai cabang diberbagai daerah dikarenakan pangsa pasarnya yang luas, dengan demikian memiliki tenaga kerja yang juga tidak sedikit. Tapi walaupun tanpa cabang, organisasi dapat dikatakan berskala besar jika tenaga kerja yang ada berjumlah ribuan seperti pabrik-pabrik garmen penghasil produk-produk konveksi.
• Teknologi
Faktor teknologi yang dimaksudkan disini adalah terkait dengan cara bagaimana suatu pekerjaan dilakukan. Selain itu juga, faktor teknologi terkait dengan penggunaan alat-alat bantu dalam sebuah organisasi.
• Lingkungan
Lingkungan yang dinamis menuntut organisasi juga untuk menyesuaikan diri secara dinamis. Proses penyesuaian yang dilakukan oleh organisasi juga termasuk dalam penentuan struktur organisasinya.
4 pilar pengorganisasian :
• Pembagian kerja.
• Pengelompokan kerja.
• Penentuan relasi antar bagian organisasi.
• Penentuan mekanisme untuk mengintegrasikan bagian dalam organisasi.
Tipe departementasi
• Berdasarkan fungsional
• Berdasarkan geografis
• Berdasarkan produk
• Berdasarkan proses
• Berdasarkan pelanggan
http://www.stikom.edu/
• Pembagian kerja.
• Pengelompokan kerja.
• Penentuan relasi antar bagian organisasi.
• Penentuan mekanisme untuk mengintegrasikan bagian dalam organisasi.
Tipe departementasi
• Berdasarkan fungsional
• Berdasarkan geografis
• Berdasarkan produk
• Berdasarkan proses
• Berdasarkan pelanggan
http://www.stikom.edu/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar